membuat enemy engine di game maker |
enemy ini merupakan karakter yang berlawanan dengan player,pergerakannya yaitu adalah mengancam atau menyerang si player.dalam game maker enemy ini dapat di buat dengan memadukan antara code move_towards_points sebagai pergerakan nya dan juga if dengan hasil image_scale(membalikan gambar) sebagai agar si enemy mengarah ke player.berikut merupakan langkah-langkah membuat enemy.
1.buat sprite player juga enemy dalam bentuk apa saja
2.buat objek enemy dengan nama obj_enemy juga player dengan nama obj_player
3.tambahkan event step pada obj_enemy dengan action execute code dan masukan code berikut
if obj_player.x < obj_enemy.x{
image_xscale=-1;
}
if obj_player.x > obj_enemy.x{
image_xscale=1;
}
///pergerakan mengarah ke player
move_towards_point(obj_player.x,obj_player.y,2)
image_xscale=-1;
}
if obj_player.x > obj_enemy.x{
image_xscale=1;
}
///pergerakan mengarah ke player
move_towards_point(obj_player.x,obj_player.y,2)
4.tambahkan juga event create dan juga collision : obj_enemy pada obj_player dengan action execute code dan masukan code berikut
Event create :
global.health=10
Event collision : obj_enemy :
global.health-=1
tujuan dari script di atas adalah memberi nyawa 10 pada obj_player dan apabila obj_player mengenai obj_enemy maka nyawa obj_player dikurangi 1
4.buat room dan tambahkan kedua object tersebut ke dalam room
5.run game dan lihat hasilnya