dasar-dasar GML (game maker languange)

Posted by fastpctrick


game maker adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah game ,agar menghasilkan sebuah game yang baik ,anda harus mengetahui bahasa pemograman khusus di game maker.yaitu GML (game maker languange).berikut adalah dasar-dasar GML.

1.Perhatikan pemberan nama pada resource(object,background,sprite,dll).
ini adalah hal yang penting dalam GML.berikut adalah peraturan memberi nama pada resource dalam GML:
-untuk object berilah awalan dengan nama obj_nama
-untuk sprite berilah awalan dengan nama spr_nama
-untuk background berilah awalan dengan nama bck_nama  
-untuk sound berilah awalan dengan nama snd_nama
-tanda _ untk menggantikan spasi
-nama pada resource tidak boleh diawali dengan angka (1,2,3,4,5)

2.hindari penggunaan reserved word
reserved word adalah sekelompok kata dalam bahasa pemograman yang memiliki arti tertentu.berikut adalah contoh kata-kata yang tergolong reserved word:
-if
-for
-while
-continue
-exp
-global
-ceil,dll.

3.Aritmatika.
berikut adalah operasi aritmatika dalam GML.
1.+ yang berarti tambah dalam GML
2.- yang berarti kurang dalam GML.
3./ yang berarti bagi dalam GML.
4.* yang berarti kali dalam GML.
contoh penggunaan aritmatika dalam GM:
-score +=12 yang berarti score akan bertambah 12
-score -=12 yang berarti score akan berkurang 12

4.Variable
variable adalah sebuah kode yang digunakan untuk menyimpan informasi.berikut adalah contoh-contoh yang termasuk kedalam kelompok variable.
-image_alpha
-image_index
-image_speed
-sprite_index
-solid
-visible
-persistent
-speed
-x
-y
-hspeed
-vspeed
-gravity
-image_angle

cara membuat sebuah variable:
-hspeed =100 yang berarti obj bergerak ke kanan dengan kecepatan 100
-vspeed =20 yang berarti obj bergerak bawah dengan kecepatan 20

5.Tanda-tanda tertentu seperi:
- && yang berarti "dan" dalam GML
- || yang berarti mirror
- > yang berarti lebih besar
- < yang berarti lebih kecil
berikut adalah contoh kodenya dari tanda-tanda tersebut:
if timer = 1&& distance_to_object(me)<10&&x>=10{
x=1
y=2
}


setelah mempelajari itu semua,sekarang kita bisa membuat sebuah perintah terhadap object,berikut adalah contoh scriptnya:
-instance_create(x,y,obj_terserah) yang berarti membuat sebuah object_terserah di posisi garis horizontal sekian dan vertical sekian.
-snd_play(snd_terserah) yang berarti memainkan suara snd_terserah.






Related Post



News Article
×