Cara memutar dan menghentikan sound dengan gml script di game maker

Posted by fastpctrick


game maker merupakan software yang digunakan untuk membuat suatu game bahkan mungkin sebuah aplikasi.dalam membuat sebuah game yang baik,sebaiknya anda jangan terlalu memperhatikan grafik dan gameplaynya saja namun sound effect nya juga harus diperhatikan karena sebenarnya sound effect dan back sound itu sangat menentukan keberhasilan sebuah game.di dalam game maker sebenarnya sudah tersedia perintah d&d sound play yang berfungsi untuk memutar sound effect tersebut dalam event tertentu,namun agar lebih efektif sebaiknya anda menggunakan bahasa gml,keuntungan menggunakan bahasa gml adalah karena dapat mempermudah anda dalam mengetahui kesalahan yang jika sewaktu-waktu terjadi,berikut merupakan script untuk memutar dan mengentikan sound effect.

1.MEMUTAR SOUND EFFECT
-pertama-tama buka game maker
-kemudian pilih create a sound
-dan load sound yang berformatkan wav,midi,mp3
-jika sudah berilah sound effect yang tadi dinamakan dengan nama snd_backsound
-pilih ok
-dan buat object dengan event create dengan action execute code
-kemudian masukan kode berikut ini di action execute code
 "sound_loop(snd_backsound)" tanpa tanda kutip
-jika sudah pilih tanda centang atau ok
-dan beri nama objek dengan nama obj_backsound
-selanjutnya pilih create room dan add obj_backsound kedalam room tersebut

2.MENGHENTIKAN SOUND EFFECT
-pilih create object dengan event key press(space) dan action execute code
-kemudian masukan code berikut di execute code
"sound_stop(snd_backsound)"tanpa tanda kutip
-jika sudah pilih tanda centang atau ok
-dan beri nama objek dengan nama obj_soundstop
-selanjutnya tambahkan ke room yang tadi di buat

untuk mengetes nya pilih run the game maka  sound effect pun akan terdengar,dan untuk menghentikan sound tersebut tekan tombol space pada keyboard.

3.TAMBAHAN
scipt memutar sound tadi merupakan loop yang berarti diulang-ulang,namun jika anda ingin mengubahnya menjadi tidak berulang ganti scipt tersebut dengan code berikut ini
"sound_play(snd_backsound)

Related Post



News Article
×