Cara membuat flip book effect di game maker

Posted by fastpctrick

image
script ini sebenarnya adalah kode perintah yang memiliki fungsi untuk memerintahkan sebuah objek untuk membentuk sebuah gerakan seperti memflip atau membalikan buku,untuk membuat perintah seperti ini anda harus membuat sprite yang menyerupai ujung sudut dari kertas buku.

1.Pertama-tama buatlah sebuah sprite berukuran 
   width=255
   height=255

2.kemudian bentuklah sprite tersebut seperti ujung kertas buku
CONTOH BENTUK UJUNG KERTAS PADA BUKU
3.setelah itu buatlah sebuah objek bernama obj_flip dengan bentuk sprite seperti di atas yang bereventkan create,step dan space,yang semua eventnya memiliki action execute code,dan masukan kode berikut di execute code

-UNTUK EVENT CREATE :
buka=0
origin=1

-UNTUK EVENT STEP:
//set gambar jadi normal kembali
if origin=1
{
image_xscale=0.0
image_yscale=0.0

}
//menambah x dan y scale
if buka=1
{
origin=0
image_xscale+=0.2
image_yscale+=0.2
}
//jika x dan y scale melebihi 5 maka
if image_xscale>5 && image_yscale>5
{
//jadi normal kembali
origin=1
//berhenti nambah x dan y scale
buka=0
//scrip next room
//room_next(nama_room)
}

UNTUK EVEN SPACE
buka=1

4.jika sudah buatlah sebuah room berukuran seperti berikut  dan tambahkan obj_flip pada posisi seperti berikut ini
width=1280
height=800
POSISI OBJ_FLIP TEPAT DI UJUNG KANAN BAWAH PADA ROOM
5.jika sudah run game tersebut lalu tekanlah tombol space untuk melihat efek flipbooknya

Related Post



News Article
×